Berdekatan dengan Milad PERTI, Dua Ponpes PERTI Dilanda Musibah, PB KMTI Ajak Salurkan Donasi

 


PB KMTI - Berdekatan dengan momentum Milad Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) ke-95 yang diperingati pada hari Jumat, 5 Mei 2023, dua pondok pesantren Persatuan Tarbiyah Islamiyah dilanda musibah. 


Musibah pertama menimpa Dayah Bustanul Huda Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh yang dipimpin ketua PC PERTI Abdya Teungku Haji Muhammad Qudusi Syam Marfaly. Sebanyak 12 unit rangkang (bilik santri) di Dayah Bustanul Huda, Gampong Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Senin, 1 Mei 2023 sekitar pukul 00.15 WIB dini hari ludes terbakar. Akibat kejadian tersebut, barang - barang milik santri seperti seperti Alquran dan kitab - kitab, peralatan masak, ranjang dan lainnya habis terbakar.


Musibah kedua menimpa Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Ashabul Kahfi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatra Barat yang dipimpin ketua PD Pemuda PERTI Pessel Buya Tengku Heri Kisnanto, S.Ag. Bangunan utama MTI Ashabul Kahfi Rawang Gunung Malelo Nagari Surantih, Pessel, Sumbar jebol diterjang longsor. Longsor terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, Minggu 7 Mei 2023. Longsor yang menghantam dinding belakang bangunan pesantren membuat ruangan belajar, ruang pimpinan, kantor majelis guru dan peralatan kantor lainnya rusak parah. Seluruh dapur beserta isinya juga tidak bisa diselamatkan. Begitupun MCK dan tempat wudhu juga mengalami jebol sehingga MCK tak bisa di gunakan dan air bersih pun menjadi tak berfungsi.


Menyikapi musibah yang menimpa dua ponpes PERTI tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Kesatuan Mahasiswa Tarbiyah Islamiyah (PB KMTI) Muhammad Hidayatullah mengajak masyarakat khususnya jamaah PERTI untuk ikut peduli membantu dan menyumbangkan sebagian rezekinya untuk membangun dan memperbaiki kerusakan yang dialami dua ponpes tersebut.


Menurut Buya Dayat, musibah yang menimpa kedua ponpes yang berafiliasi dengan PERTI ini merupakan panggilan terhadap jam'iyah dan jamaah PERTI di seluruh Indonesia. Karena menurutnya hingga saat ini apa yang dilakukan PERTI terhadap kedua ponpes yang tertimpa musibah tersebut nampaknya masih belum maksimal.


Mengutip apa yang disampaikan oleh pimpinan Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah (PPTI) Attaqwa Canduang Ustad Akhyar Fuadi bahwa musibah yang menimpa kedua ponpes PERTI ini, selain merupakan ujian untuk kedua pesantren juga merupakan panggilan kepada keluarga besar Persatuan Tarbiyah Islamiyah, panggilan yang berharap beroleh jawab. 


Musibah ini merupakan bagian dari dinamika keseharian pondok-pondok pesantren PERTI dimanapun. Pergulatan panjang membangun fisik pesantren di satu sisi dan jiwa santri di lain sisi ialah pekerjaan rutin yang terus digeluti para pengelola tanpa mengenal lelah dan berhenti. Kondisi Force Majeure seperti kebakaran, longsor, banjir, gempa bumi, dan berbagai bencana alam lainnya, merupakan tantangan lain dan ancaman yang datang tiba-tiba tanpa mengetuk pintu. Oleh karena itu, komitmen nyata untuk sama-sama menyingsingkan baju, sama-sama bekerja membangun peradaban khususnya peradaban pendidikan sangat perlu dilakukan guna membangun dan memperbaiki kembali banyak hal sesuai khittah perjuangan PERTI yaitu pendidikan, dakwah dan sosial.


"Mari bersama-sama kita bantu kedua ponpes tersebut sekaligus sebagai wujud kepedulian sosial terhadap MTI/Pesantren PERTI dimanapun berada sesuai dengan khittah yang selalu kita dengungkan kemana-mana", ujar Dayat.


Adapun sumbangan untuk Dayah Bustanul Huda Blangpidie dapat dikirimkan melalui nomor rekening BSI 7186361541 atas nama Maswadi (PC KMTI Abdya) serta konfirmasi melalui nomor handphone 0852-6066-5710 (Ary Ilham Mullah, Sekretaris PC KMTI Banda Aceh). Sedangkan sumbangan untuk MTI Ashabul Kahfi dapat langsung didonasikan ke nomor rekening Yayasan Tarbiyah Islamiyah Ashabul Kahfi 04040210009732 (Bank Nagari) atau hubungi nomor handphone 0853-7634-1552 (Heru Kisnanto, pimpinan MTI Ashabul Kahfi, ketua PD Pemuda PERTI Pessel).


Selain itu dapat juga menyalurkan donasi melalui nomor rekening 0060010346397 Bank Mandiri atas nama Persatuan Tarbiyah Islamiyah dan konfirmasi bukti pengiriman ke nomor handphone 081295055246 (Asnely).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar